Beli PlayStation 3 baru? Baca dulu ini!



Banyak yang bertanya ingin beli PS3 baru. Harap berhati-hati. Sebagai pelanggan harus cerdas terhadap kondisi lapangan. Jangan sampai salah informasi sehingga menyesal atau marah pada penjual.

?: Mau beli PS3 tapi banyak jenisnya. Apakah semua jenis PS3 bisa main game suntik (Custom Firmware)?
* PS3 yang menggunakan Custom Firmware hanyalah PS3 tipe 1000 dantipe 2000 saja. Untuk PS3 tipe 3000 dan Super Slim TIDAK DAPAT menggunakan Custom Firmware. PS3 tipe 1000 dan 2000 ini sudah tidak lagi diproduksi oleh SONY. Semua mesin yang baru saat ini adalah tipe 3000 dan Super Slim.

?: Mengapa tipe 3000 dan Super Slim tidak bisa pakai CFW? Kan sama-sama PS3?
* Sebab CFW yang ada hanya bekerja di versi 3.55. Sedangkan untuk kedua tipe PS3 tersebut tidak dapat diinstal Firmware 3.55. Mesin mereka sudah di-set hingga firmware minimal adalah 3.60 ke atas.

?: Lho? Bukannya sekarang sudah ada CFW 4.25 atau 4.30?
* CFW 4.25 ke atas juga harus berangkat dari CFW 3.55.

?: Kalau PS3 tipe 1000 dan 2000 tidak lagi diproduksi, lantas yang dijual di toko itu apa dong? hayo!
* Memang permintaan akan PS3 tipe 1000 dan 2000 terus meningkat, sedangkan barang baru tidak lagi diproduksi. Ini membuat barang yang berputar di pasaran hanyalah barang-barang yang itu-itu saja. Untuk memenuhi permintaan, maka PS3 yang sudah rusak karena satu dan lain hal kemudian diservis lagi (yang servis bukan dari pihak SONY), menggunakan sparepart tiruan (bukan barang SONY), casing diganti, dusnya dicetak ulang, tambah stik dan kabel, jadilah PS3 "baru" yang siap dijual lagi.Barang yang seperti ini disebut barang "Refurbish" atau "Rekondisi".

?: Lantas, barang refurbish yang isinya yang sudah tidak asli lagi apakah banyak bedanya dengan yang masih non-refurbish?
* Barang refurbish itu untung-untungan. Kalau dapat yang hasilnya bagus, ya selamat! Tapi kalau ada barang yang refurbishnya kurang bagus, biasanya mesin PS3 hanya bertahan beberapa bulan saja. Keadaan diperparah saat Custom Firmware sudah ke 4.30 sehingga dapat memainkan game terbaru. Permintaan tetap berjalan sedangkan stok sudah stagnan. Lagi-lagi untuk memenuhi permintaan, barang-barang yang sudah pernah di-refurbish, lalu rusak lagi, akan di-refurbish ulang lagi. WOW!

?: Ada toko yang menawarkan garansi, jadi saya tidak perlu takut. Benar?
* Benar. Sebaiknya anda tanyakan rincian garansinya dengan baik. Ada berbagai macam garansi tergantung toko masing-masing. Yang paling bagus adalah langsung ganti baru. Ada garansi yang servis mesin (anda pasti menunggu lama untuk ini dan belum tentu hasilnya bagus), ada garansi yang tidak bisa di-klaim kalau belum mati total, ada garansi yang hanya bisa diklaim 1x saja (kalau rusak untuk kedua kalinya, tidak bisa klaim) dan lain sebagainya. Tergantung pintar-pintarnya penjual berpikir.

?: Apa masih ada kemungkinan bisa dapat barang non-refurbish?
* Masih ada tapi pasti barang seken (bekas). Banyak yang berpendapat: "Lebih baik beli seken tapi ori (non-refurbish) daripada beli baru tapi refurbish". Saya salah satu pendukung pernyataan ini.

?: Pusingnya.... cuma untuk main PS3?!
* Agar tidak pusing main PS3, belilah mesin original (tipe 3000 atau Super Slim) dengan garansi original dari SONY. Mainlah pakai game original. Update PS3 tanpa kuatir apapun. Alternatif lain, beli XBOX 360 karena sebagian besar barang barunya masih bisa dimodifikasi.

?: Saya berhasil mendapatkan PS3 1000/2000 non-refurbish. Apa yang harus di-cek?
* - Cek nomer seri di dusnya, pastikan sama dengan nomer seri di casing PS3.
- Cek kondisi fisik, jangan ada pecahan karena benturan.
- Cek segel-segel bekas toko, apakah sudah pernah dibuka atau belum.
- Cek stik-nya apakah original atau KW. Usahakan dapat yang ori karena kualitasnya jauuuuuuh lebih bagus dari yg KW.
- Periksa firmwarenya. Kalau 3.55 ke bawah (original ataupun custom) artinya aman. Kalau 4.25 atau 4.30 pastikan kalau firmware custom (bisa install multiman). Selain ketiga syarat di atas, PS3 harus di-downgrade. Biaya untuk dowgrade lumayan mahal.
- Cek hard disknya. Umumnya yang original adalah 40 GB, 80 GB, 120 GB, dan 160 GB. Selain itu, hard disknya sudah diganti.

?: Tapi teman saya tidak berhasil mendapatkan PS3 1000/2000 non-refurbish. Jadi bagaimana?
* Anda memang tidak banyak pilihan. Belilah yang refurbish di toko kesayangan anda, cek kondisinya dan tanyakan garansinya dengan jelas.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: