Panduan Rating Game

 ESRB (Entertainment Software Rating Board)
Adalah Rating yang digunakan di Amerika Serikat.

PEGI (Pan European Gaming Info)
Adalah rating yang digunakan di Eropa.


Early Childhood (balita, 3 tahun ke atas)
Game ini / rating ini tidak berisikan materi yang tidak pantas. Tidak ada pengaruh buruk. Ditujukan untuk anak-anak kecil dan biasanya game ini bersifat edukasi.




Everyone (Semua umur, 6 tahun ke atas)
Kategori ini biasanya berisi kartun dan sedikit kekerasan fantasi. Pengaruhnya kecil.





Everyone 10+ (Semua umur, 10 tahun ke atas)
Kategori ini biasanya berisi materi yang dianggap tidak aman untuk anak di bawah umur 10 tahun. Pengaruhnya lumayan. Biasanya berisi kartun dan kekerasan fantasi, kata-kata cukup kasar, animasi darah, dan atau bertema kurang senonoh.



Teen (remaja, 13 tahun ke atas)
Kategori ini berisi materi yang dianggap tidak sesuai dengan anak di bawah umur 13 tahun. Pengaruhnya cukup kuat. Berisikan kekerasan yang lebih banyak, bertema kurang senonoh, lelucon kasar, darah, simulasi judi, dan atau banyak penggunaan bahasa yang kasar.


Mature (dewasa, 17 tahun ke atas. Di Indonesia dikategorikan 18 tahun ke atas)
Kategori ini berisi materi yang dianggap tidak sesuai dengan anak-anak di bawah 18 tahun. Pengaruhnya sangat kuat. Berisikan kesadisan dan darah lebih banyak dari kategori T, kekerasan yang intens, bertema seksual (biasanya disensor), dan bahasa yang kasar dan vulgar. Di Amerika, game ini tidak diperbolehkan dijual untuk anak di bawah umur.

Adults Only 18+
(khusus dewasa, 18 tahun ke atas. Di Indonesia dikategorikan 21 tahun ke atas)
Kategori ini berisi materi yang dianggap tidak sesuai dengan anak-anak di bawah 18 tahun. Digunakan untuk game dewasa yang berisi pornografi dan kekejaman, kesadisan, dan kekerasan yang lebih dari rating M. Pengaruhnya sangat ekstrim. Game ini penjualannya sangat dibatasi hingga banyak game yang disensor ulang untuk mendapatkan rating M. Tapi tak perlu kuatir. Nintendo, Sony, dan Microsoft tidak akan memberikan lisensi mereka kepada game dengan rating AO sehingga game ini tidak akan keluar di konsol

Rating Pending
Kategori ini digunakan untuk iklan. Game mereka sudah dimasukkan ke ESRB dan menunggu hasil akhirnya. Kadang-kadang dalam iklan tersebut disertai peringatan "Berisikan Materi yang tidak sesuai untuk anak-anak."




Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: